Sabtu, 11 Agustus 2012

Perbedaan Pembisnis dengan Pelangan

-www.zonarinto.com- sahabat zonarinto, dahulu sebelum saya berkecimpung di dunia bisnis, saya terpengaruh oleh teman-teman saya yang dulu pernah kuliah kerja nyata (KKN) di SMA saya, mereka adalah para calon guru profesional , saat itu saya masih SMA ,saya sangat terpukau dengan talenta mereka yang membawakan kelas dengan penuh energik. dari sana saya ingin sekali menjadi seorang guru. namun Tuhan berkehendak lain, setelah lulus SMA saya kuliah di perguruan Teknik Informatika swasta di yogyakarta. dari sana saya mengikuti berbagai pelatihan, seminar dan workshop bisnis. dan akhirnya saya seperti terkena sebuah suntikan obat dengan dosis tinggi. yang membuat hati dan fikiran saya begitu mencintai dunia bisnis.

Bagi teman-teman yang sudah atau baru saja berbisnis maupun yang ingin berbisnis, pastilah alasan berbisnis adalah bisa lebih kaya, punya waktu yang longgar, bisnis berjalan dan kita bisa jalan-jalan, namun jika di simpulkan tujuan sebagian dari teman-teman adalah "free financial". Bebas persoalan keuangan itua alasan utama pada awal menjalankan bisnis. Namun ada sebuah pertanyaan yang jarang sekali bisa kita jawab dan bahkan pertanyaan yang tidak terbesit di fikiran kita, yaitu " apa perbedaan pembisnis dan pelangan/konsumen/user". jawaban paling simple yang akan kita jawab secara spontan adalah pembisnis menyediakan produk dan menyalurkan produk kepada konsumen , sedangkan konsumen orang yang membeli produk dan mengunakan produk dari pembisnis. Adakah yang salah pada salah satu contoh jawaban spontan ini? Tentu tidak ada yang salah, secara umum memang seperti itu. namun perlu kita lihat beberapa usaha, bisnis maupun perusahaan baik skala lokal hinga multinasional.

Berbagai perusahaan yang ada dan yang sudah eksis hingga saat ini, mereka bukanlah perusahaan yang punya banyak waktu longar, namun memiliki schedule yang padat dan memiliki deadline yang begitu jelas. Tidak ada satu perusahaan yang besar dan memiliki jet pribadi(corporate) yang bisa berlengang kangkung didalam meeting room. Mengapa demikian? jawabanya begitu sederhana "Pembisnis adalah orang yang mau repot, mau pusing, dan mau mendedikasikan waktu dan fikiranya untuk memberi kemudahaan kepada pelangan untuk mendapatkan loyal dari pelangan (loyal customer).

Sebagai contoh :
- produk telekomunikasi : mari kita lihat produk handphone, betapa sulit, rumit dan kompleksnya komponen handphone belum lagi program, OS, jaringan dan berbagai fitur lainya. namun demi memenuhi kebutuhan pelangaan para pembisnis mengambil resiko dan mendidikasikan diri bersama para tim di perusahaan untuk mengembangkan teknologi komunikasi sehinga ketika sampai kepada penguna, penguna bisa langsung mengunakanya.

- produk makanan : contoh paling dekat dengan kita adalah produk makanan, bahasa paling simple adalah pembisnis makanan mereka bersusah payah bangun pagi, menyiapkan adonan/bumbu, kemudian memasak, menyiapkan hidangan, dan membuka tempat makan. dan para pelangan cukup datang , memilih menu dan menyantap hidangan.

dari 2 contoh diatas kita bisa menyimak bahwa seorang pengusaha bukanlah orang yang duduk dimeja kerja sambil memegang kalkulator yang sedang menghitung keuntungan bisnisnya. namun pembisnis adalah orang yang mau mendedikasikan waktunya dan fikirnaya untuk menyediakan kebutuhan palangan.
Namun bagaimana bisnis mereka bisa bekembang dan memiliki cabang yang begitu banyak bahkan tidak sedikit perusahaan - perusahaan itu menjadi perusahaan multinasional? Mari kita simak lagi bagaimana sebuah perusahaan bisa berkembang sedangkan mereka memiliki schedule yang padat dan deadline serta target yang begitu nyata pada artikel berikutnya pada peran leadership dan management dalam perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar